Bekam

Bekam merupaan sebuah teknik terapi yang berawal dari Timur Tengah, Mesir, dan Tiongkok. Terapi ini sering di percayai sebagai pengobatan alternative untuk mengluarkan racun dan zat berbahaya lainnya dari tubuh. Orang yang habis melakukan terapi ini biasanya punggung mereka merasakan lebih enteng. Metode bekam di lakukan dengan menyedok darah kotor yang ada di dalam tubuh dengan bantuan gelas panas yang akan menghisap lapisan kulit dan lemak dari otot. Nah jika kalian penasaran dengan manfaat bekam untuk kesehatan, simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Mengurangi stress hingga mencegah depresi

Banyak hal di dunia ini yang membuat orang mudah stress, contohnya beban dari permasalahan keluarga. Bekam sendiri bisa di katakana sebagai metode relaksasi yang membuat badan terasa ringan dan nyaman. Walaupun meniggalkan bekas dan luka, kalian akan merasakan khasiatnya. Selain itu harganya pun terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. 

2. Membantu membuang kolestrol dan racun di tubuh

Salah satu manfaat dari bekam yang di percayai bagi sebagaian orang yaitu bisa membantu membuang kolestrol jahat dan racut di dalam tubuh. Banyak orang yang memilih bekam menjadi alternative pertama saat tubuh mulai merasakan tidak enak badan. Hal ini terbukti jika bekam bisa membantu membuat kolestrol dan racun yang berkumpul di darah.

3. Meredakan sakit kepala

Tidak hanya membuang kolestrol dan racun di tubuh, bekam juga memiliki manfaat lainnya salah satunya adalah untuk meredakan sakit kepala. Bagi Anda yang merasakan sakit kepala atau migran, terapi bekam ini dapat menjadi solusi jika kalian tidak mau pergi periksa ke tenaga medis. Caranya, kalian bisa melakukan bekam pada bagian bahu atas.. darah kotor dari area ini membantu meningkatkan sakit kepala dan migran.

4. Melancarkan peredaran darah

Manfaat bekam bisa untuk melancarkan peredarah darah. Terapi bekam terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peredaran darah. Penyedotan darah kotor memiliki dampak pada peningkatan aliran darah sehingga membuat pembulu darah menjadi lebih kuat. Darah yang tersumbat pun akan menjadi lebih lancar.

5. Mengatasi kelelahn

Kelelahan biasanya di alami oleh semua orang. Tahukah kamu jika kelelahan bisa di atasi dengan terapi bekam? Selain dengan istirahat, menjaga pola diet, dan terapi pijatan, kelelahan bisa di atasi dengan melakukan terapi bekam. Kelelahan yang di aktibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan di redakan dengan terapi bekam ini.

6. Meredakan rasa sakit

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya manfaat bekam untuk meredakan rasa sakit. Jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine mengatakan adanya manfaat bekam untuk meredakan rasa sakit. Namun ada batasan pada kelualitas dari penelitian ini. Selain itu Jurnal Revista Latina-Americano De Enfermagem juga memperlihatkan manfaat bekam untuk mengurangi rasa sakit punggung. 

7. Memperbaiki system tubuh

Tidak hanya mengobati penyakit dan meredakan nyeri, manfaat bekam juga bisa untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas organ tubuh dan system tubuh. Terapi bekam bermanfaat untuk menajamkan penglihatan, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan meningkatkan system kekebalan tubuh, dan menngkatkan aktivitas saraf tulang belakang.

8. Menurunkan berat badan dengan menyedot jarinan lemak

Tidak cuman darah yang bisa di normalkan dengan terapi bekam, jaringan lemak juga bisa di sedot dari-pori-pori tubuh lewat bekam. Adapun target pembekaman yaitu titik-titik yang banyak jaringan lemaknya.